*ุจูุณูููููููู
ู ุงูููู ุงูุฑููุญูู
ูู ุงูุฑููุญููู
ู*
*ุงููุณูููุงูู ู ุนูููููููู ู ููุฑูุญูู ูุฉู ุงููููู ููุจูุฑูููุงุชูู*
*ุฅูููู ุงููุญูู ูุฏู ููู ููุญูู ูุฏููู ููููุณูุชูุนููููููู ููููุณูุชูุบูููุฑููู ูู ููุชูููุจู ุฅููููููู ููููุนูููุฐู ุจููู ู ููู ุดูุฑูููุฑู ุฃูููููุณูููุง ููู ููู ุณููููุฆูุงุชู ุฃูุนูู ูุงููููุงุ ู ููู ููููุฏููู ุงููู ููููุง ู ูุถูููู ูููู ููู ููู ููุถููููู ููููุง ููุงุฏููู ููููุ ุฃูุดูููุฏู ุฃููู ููุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ููุญูุฏููู ููุง ุดูุฑููููู ููููุ ููุฃูุดูููุฏู ุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ุนูุจูุฏููู ููุฑูุณููููููู ูุง ููุจูููู ุจูุนูุฏููู*
Alhamdulillahirabbilโalamin, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memberi kita kesempatan untuk membaca chat ini dan untuk saling bersilaturahim.
*_"WAHHABI DALAM PANDANGAN ULAMA 4 MADZHAB"_*
1. โULAMA KALANGAN MADZHAB HANAFI
Dari kalangan ulama madzhab Hanafi, al-Imam Muhammad Amin Afandi yang populer dengan sebutan Ibn Abidin ุฑุญู ู ุงููู , berkata dalam kitabnya, Hasyiyah Radd al-Mukhtar tantang Wahhabi:
โู ูุทูููุจู ููู ุฃูุชูุจูุงุนู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุงููุฎูููุงุฑูุฌู ูููู ุฒูู ูุงููููุง :ููู ูุง ููููุนู ูููู ุฒูู ูุงููููุง ูููู ุฃูุชูุจูุงุนู ุงุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุงูููุฐููููู ุฎูุฑูุฌูููุง ู ููู ููุฌูุฏู ููุชูุบููููุจูููุง ุนูููู ุงููุญูุฑูู ููููู ููููุงููููุงููููุชูุญููููููู ู ูุฐูููุจู ุงููุญูููุงุจูููุฉู ูููููููููู ู ุงูุนูุชูููุฏูููุง ุฃููููููู ู ููู ู ุงููู ูุณูููู ููููู ููุฃูููู ู ููู ุฎูุงูููู ุงุนูุชูููุงุฏูููู ู ู ูุดูุฑููููููู ููุงุณูุชูุจูุงุญูููุง ุจูุฐููููู ููุชููู ุฃููููู ุงูุณูููููุฉู ููููุชููู ุนูููู ูุงุฆูููู ู ุญูุชูู ููุณูุฑู ุงูููู ุดูููููุชูููู ู ููุฎูุฑูุจู ุจููุงูุฏูููู ู ููุธูููุฑู ุจูููู ู ุนูุณูุงููุฑู ุงููู ูุณูููู ููููู ุนูุงู ู ุซููุงูุซู ููุซููุงูุซููููู ููู ูุงุฆูุชูููู ูููุฃููููู.โ ุงูู (ุงุจู ุนุงุจุฏููุ ุญุงุดูุฉ ุฑุฏ ุงูู ุญุชุงุฑุ ูค/ูขูฆูข).
โKeterangan tentang pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab, kaum Khawarij pada masa kita. Sebagaimana terjadi pada masa kita, pada pengikut Ibn Abdil Wahhab yang keluar dari Najd dan berupaya keras menguasai dua tanah suci. Mereka mengikuti madzhab Hanabilah. Akan tetapi mereka meyakini bahwa mereka saja kaum Muslimin, sedangkan orang yang berbeda dengan keyakinan mereka adalah orang-orang musyrik. Dan oleh sebab itu mereka menghalalkan membunuh Ahlussunnah dan para ulamanya sampai akhirnya Allah memecah kekuatan mereka, merusak negeri mereka dan dikuasai oleh tentara kaum Muslimin pada tahun 1233 H.โ (Ibn Abidin, Hasyiyah Radd al-Muhtar โala al-Durr al-Mukhtar, juz 4, hal. 262).
2. โULAMA KALANGAN MADZHAB MALIKI
Dari kalangan ulama madzhab al-Maliki, al-Imam Ahmad bin Muhammad al-Shawi al-Maliki ุฑุญู ู ุงููู, ulama terkemuka abad 12 Hijriah dan semasa dengan pendiri Wahhabi, berkata dalam Hasyiyah โala Tafsir al-Jalalain:
ููุฐููู ุงููุขูููุฉู ููุฒูููุชู ููู ุงููุฎูููุงุฑูุฌู ุงูููุฐููููู ููุญูุฑูููููููู ุชูุฃููููููู ุงููููุชูุงุจู ููุงูุณูููููุฉู ููููุณูุชูุญูููููููู ุจูุฐููููู ุฏูู ูุงุกู ุงููู ูุณูููู ููููู ููุฃูู ูููุงููููู ู ููู ูุง ูููู ู ูุดูุงููุฏู ุงููุขููู ูููู ููุธูุงุฆูุฑูููู ู ููููู ู ููุฑูููุฉู ุจูุฃูุฑูุถู ุงููุญูุฌูุงุฒู ููููุงูู ููููู ู ุงูููููููุงุจููููุฉู ููุญูุณูุจููููู ุฃููููููู ู ุนูููู ุดูููุกู ุฃููุงู ุฅููููููู ู ููู ู ุงููููุงุฐูุจููููู. (ุญุงุดูุฉ ุงูุตุงูู ุนูู ุชูุณูุฑ ุงูุฌูุงูููุ ูฃ/ูฃู ูง).
โAyat ini turun mengenai orang-orang Khawarij, yaitu mereka yang mendistorsi penafsiran al-Qurโan dan Sunnah, dan oleh sebab itu mereka menghalalkan darah dan harta benda kaum Muslimin sebagaimana yang terjadi dewasa ini pada golongan mereka, yaitu kelompok di negeri Hijaz yang disebut dengan aliran Wahhabiyah, mereka menyangka bahwa mereka akan memperoleh sesuatu (manfaat), padahal merekalah orang-orang pendusta.โ (Hasyiyah al-Shawi โala Tafsir al-Jalalain, juz 3, hal. 307).
3. โULAMA KALANGAN MADZHAB SYAFIโI
Dari kalangan ulama madzhab Syafiโi, al-Imam al-Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan al-Makki ุฑุญู ู ุงููู, guru pengarang Iโanah al-Thalibin, kitab yang sangat otoritatif (muโtabar) di kalangan ulama di Indonesia, berkata tentang Wahhabi :
ููููุงูู ุงูุณูููููุฏู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู ูู ุงููุฃูููุฏููู ู ูููุชููู ุฒูุจูููุฏู ูููููููู: ูุงู ููุญูุชูุงุฌู ุงูุชููุฃููููููู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ุงุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจูุ ุจููู ููููููู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนููููููู ูููููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุณูููู ูุงููู ู ุงูุชููุญูููููููุ ููุฅูููููู ููู ู ููููุนููููู ุฃูุญูุฏู ู ููู ุงููู ูุจูุชูุฏูุนูุฉู ุงูู (ุงูุณูุฏ ุฃุญู ุฏ ุจู ุฒููู ุฏุญูุงูุ ูุชูุฉ ุงูููุงุจูุฉ ุต/ูฅูค).
โSayyid Abdurrahman al-Ahdal, mufti Zabid berkata: โTidak perlu menulis bantahan terhadap Ibn Abdil Wahhab. Karena sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam cukup sebagai bantahan terhadapnya, yaitu โTanda-tanda mereka (Khawarij) adalah mencukur rambut (maksudnya orang yang masuk dalam ajaran Wahhabi, harus mencukur rambutnya)โ. Karena hal itu belum pernah dilakukan oleh seorang pun dari kalangan ahli bidโah.โ (Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, Fitnah al-Wahhabiyah, hal. 54).
4. โULAMA KALANGAN MADZHAB HAMBALI
Dari kalangan ulama madzhab Hanbali, al-Imam Muhammad bin Abdullah bin Humaid al-Najdi ุฑุญู ู ุงููู, berkata dalam kitabnya al-Suhub al-Wabilah โala Dharaih al-Hanabilah ketika menulis biografi Syaikh Abdul Wahhab, ayah pendiri Wahhabi:
ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุจููู ุณูููููู ูุงูู ุงูุชููู ูููู ูููู ุงููููุฌูุฏูููู ูููููู ููุงููุฏู ุตูุงุญูุจู ุงูุฏููุนูููุฉู ุงูููุชููู ุงููุชูุดูุฑู ุดูุฑูุฑูููุง ููู ุงููุฃูููุงูู ูููููู ุจูููููููู ูุง ุชูุจูุงูููู ู ูุนู ุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ููู ู ููุชูุธูุงููุฑู ุจูุงูุฏููุนูููุฉู ุฅููุงูู ุจูุนูุฏู ู ูููุชู ููุงููุฏููู ููุฃูุฎูุจูุฑููููู ุจูุนูุถู ู ููู ููููููุชููู ุนููู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ุนูู ูููู ุนูุงุตูุฑู ุงูุดููููุฎู ุนูุจูุฏูุงูููููููุงุจู ููุฐูุง ุฃูููููู ููุงูู ุบูุงุถูุจูุง ุนูููู ููููุฏููู ู ูุญูู ููุฏู ูููููููููู ููู ู ููุฑูุถู ุฃููู ููุดูุชูุบููู ุจูุงููููููููููุฃูุณููุงููููู ููุฃููููู ุฌูููุชููู ููููุชูููุฑููุณู ููููู ุฃูููููู ููุญูุฏูุซู ู ููููู ุฃูู ูุฑู .ููููุงูู ูููููููู ููููููุงุณู: ููุง ู ูุง ุชูุฑููููู ู ููู ู ูุญูู ููุฏู ู ููู ุงูุดููุฑูู ููููุฏููุฑู ุงูููู ุฃููู ุตูุงุฑู ู ูุงุตูุงุฑู ููููุฐููููู ุงุจููููู ุณูููููู ูุงูู ุฃูุฎููู ู ูุญูู ููุฏู ููุงูู ู ูููุงููููุง ูููู ูููู ุฏูุนูููุชููู ููุฑูุฏูู ุนููููููู ุฑูุฏููุง ุฌููููุฏุงู ุจูุงููุขููุงูุชู ููุงููุขูุซุงูุฑู ููุณูู ููู ุงูุดููููุฎู ุณูููููู ูุงูู ุฑูุฏูููู ุนููููููู ( ููุตููู ุงููุฎูุทูุงุจู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ) ููุณููููู ููู ุงูููู ู ููู ุดูุฑูููู ููู ูููุฑููู ู ูุนู ุชููููู ุงูุตููููููุฉู ุงููููุงุฆูููุฉู ุงูููุชูููุฃูุฑูุนูุจูุชู ุงููุฃูุจูุงุนูุฏู ููุฅูููููู ููุงูู ุฅูุฐูุง ุจูุงูููููู ุฃูุญูุฏู ููุฑูุฏูู ุนููููููู ููููู ู ููููุฏูุฑู ุนูููู ููุชููููู ู ูุฌูุงููุฑูุฉ ูููุฑูุณููู ุฅููููููู ู ููู ููุบูุชูุงูููู ูููู ููุฑูุงุดููู ุฃููู ููู ุงูุณูููููู ูููููุงู ูููููููููู ุจูุชูููููููุฑู ู ููู ุฎูุงูููููู ููุงุณูุชูุญููุงููู ููุชููููู. ุงูู (ุงุจู ุญู ูุฏ ุงููุฌุฏูุ ุงูุณุญุจ ุงููุงุจูุฉ ุนูู ุถุฑุงุฆุญ ุงูุญูุงุจูุฉุ ูขูงูฅ).
โAbdul Wahhab bin Sulaiman al-Tamimi al-Najdi, adalah ayah pembawa dakwah Wahhabiyah, yang percikan apinya telah tersebar di berbagai penjuru. Akan tetapi antara keduanya terdapat perbedaan. Padahal Muhammad (pendiri Wahhabi) tidak terang-terangan berdakwah kecuali setelah meninggalnya sang ayah. Sebagian ulama yang aku jumpai menginformasikan kepadaku, dari orang yang semasa dengan Syaikh Abdul Wahhab ini, bahwa beliau sangat murka kepada anaknya, karena ia tidak suka belajar ilmu fiqih seperti para pendahulu dan orang-orang di daerahnya. Sang ayah selalu berfirasat tidak baik tentang anaknya pada masa yang akan datang. Beliau selalu berkata kepada masyarakat, โHati-hati, kalian akan menemukan keburukan dari Muhammad.โ Sampai akhirnya takdir Allah benar-benar terjadi. Demikian pula putra beliau, Syaikh Sulaiman (kakak Muhammad bin Abdul Wahhab), juga menentang terhadap dakwahnya dan membantahnya dengan bantahan yang baik berdasarkan ayat-ayat al-Qurโan dan hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Syaikh Sulaiman menamakan bantahannya dengan judul Fashl al-Khithab fi al-Radd โala Muhammad bin Abdul Wahhab. Allah telah menyelamatkan Syaikh Sulaiman dari keburukan dan tipu daya adiknya meskipun ia sering melakukan serangan besar yang mengerikan terhadap orang-orang yang jauh darinya. Karena setiap ada orang yang menentangnya, dan membantahnya, lalu ia tidak mampu membunuhnya secara terang-terangan, maka ia akan mengirim orang yang akan menculik dari tempat tidurnya atau di pasar pada malam hari karena pendapatnya yang mengkafirkan dan menghalalkan membunuh orang yang menyelisihinya.โ (Ibn Humaid al-Najdi, al-Suhub al-Wabilah โala Dharaih al-Hanabilah, hal. 275).
KESIMPULAN:
Perbuatan Tanpa Ilmu
Belakangan, dari Kaum Wahhabi kontemporer tidak sedikit terlontar pernyataan tokoh-tokoh mereka yang menistakan generasi salaf secara parsial (juzโi). Contoh :
Nashiruddin al-Albani dalam fatwanya mengkafirkan al-Imam al-Bukhari karena melakukan taโwil terhadap ayat mutasyabihat dalam al-Qurโan. Dalam kitab al-Tawassul Ahkamuhu wa Anwaโuhu, al-Albani juga mencela Sayyidah โAisyah, dan menganggapnya tidak mengetahui kesyirikan.
Ahmad bin Saโad bin Hamdan al-Ghamidi, menganggap al-Imam al-Hafizh al-Lalikaโi, pengarang kitab Syarh Ushul Iโtiqad Ahl al-Sunnah wa al-Jamaโah, tidak bersih dari kesyirikan. Demikian sekelumit contoh penistaan tokoh-tokoh Wahhabi terhadap generasi salaf dan para ulama terkemuka secara parsial.
Demikian pernyataan ulama terkemuka dari empat madzhab, Hanafi, Maliki, Syafiโi dan Hanbali, yang menegaskan bahwa golongan Wahhabi termasuk Khawarij bukan Ahlussunnah Wal-Jamaโah. Tentu saja masih terdapat ratusan ulama lain dari madzhab Ahlussunnah Wal-Jamaโah yang menyatakan bahwa Wahhabi itu Khawarij dan tidak mungkin kami kutip semuanya.
Pesan buat sahabatโฆ berhati2lah wahai saudara ku,dengan kelicikan kaum penyesat ummat itu, jangan mudah tertipu dengan kata2 manis mereka, tapi lihatlah dulu maksud dari nya ,karena kebusukan2 mereka semua di balut dengan kata2/istilah yang menggugah hati.
Naudzubillahโฆ
*Silahkan disebar Artikel ini dengan tidak menambah dan mengurangi isi tulisan. Semoga bermanfaat untuk kita semua Jazakallahu khairan barokallah fikum*
*ูุงููู ุงุนูู *
*_Demikian chat pada hari ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, serta bisa sebagai acuan untuk senantiasa memperbaiki amal kita diatas sunnah Nabi Shollallaahu 'Alaihi Wa Sallaam dan Tidak berbicara agama dengan menggunakan Akal dan Hawa Nafsu melainkan dg Dalil Yang Shohih._*
*ุณุจุญุง ูู ุงูููู ูุจุญู ุฏู ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุช ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู*
*ูุนูููู ุงูุณูุงู ูุฑุญู ู ุงููู ูุจุฑูุงุชู*
*ุงููุณูููุงูู ู ุนูููููููู ู ููุฑูุญูู ูุฉู ุงููููู ููุจูุฑูููุงุชูู*
*ุฅูููู ุงููุญูู ูุฏู ููู ููุญูู ูุฏููู ููููุณูุชูุนููููููู ููููุณูุชูุบูููุฑููู ูู ููุชูููุจู ุฅููููููู ููููุนูููุฐู ุจููู ู ููู ุดูุฑูููุฑู ุฃูููููุณูููุง ููู ููู ุณููููุฆูุงุชู ุฃูุนูู ูุงููููุงุ ู ููู ููููุฏููู ุงููู ููููุง ู ูุถูููู ูููู ููู ููู ููุถููููู ููููุง ููุงุฏููู ููููุ ุฃูุดูููุฏู ุฃููู ููุง ุฅูู ุฅูุง ุงููู ููุญูุฏููู ููุง ุดูุฑููููู ููููุ ููุฃูุดูููุฏู ุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ุนูุจูุฏููู ููุฑูุณููููููู ูุง ููุจูููู ุจูุนูุฏููู*
Alhamdulillahirabbilโalamin, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memberi kita kesempatan untuk membaca chat ini dan untuk saling bersilaturahim.
*_"WAHHABI DALAM PANDANGAN ULAMA 4 MADZHAB"_*
1. โULAMA KALANGAN MADZHAB HANAFI
Dari kalangan ulama madzhab Hanafi, al-Imam Muhammad Amin Afandi yang populer dengan sebutan Ibn Abidin ุฑุญู ู ุงููู , berkata dalam kitabnya, Hasyiyah Radd al-Mukhtar tantang Wahhabi:
โู ูุทูููุจู ููู ุฃูุชูุจูุงุนู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุงููุฎูููุงุฑูุฌู ูููู ุฒูู ูุงููููุง :ููู ูุง ููููุนู ูููู ุฒูู ูุงููููุง ูููู ุฃูุชูุจูุงุนู ุงุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุงูููุฐููููู ุฎูุฑูุฌูููุง ู ููู ููุฌูุฏู ููุชูุบููููุจูููุง ุนูููู ุงููุญูุฑูู ููููู ููููุงููููุงููููุชูุญููููููู ู ูุฐูููุจู ุงููุญูููุงุจูููุฉู ูููููููููู ู ุงูุนูุชูููุฏูููุง ุฃููููููู ู ููู ู ุงููู ูุณูููู ููููู ููุฃูููู ู ููู ุฎูุงูููู ุงุนูุชูููุงุฏูููู ู ู ูุดูุฑููููููู ููุงุณูุชูุจูุงุญูููุง ุจูุฐููููู ููุชููู ุฃููููู ุงูุณูููููุฉู ููููุชููู ุนูููู ูุงุฆูููู ู ุญูุชูู ููุณูุฑู ุงูููู ุดูููููุชูููู ู ููุฎูุฑูุจู ุจููุงูุฏูููู ู ููุธูููุฑู ุจูููู ู ุนูุณูุงููุฑู ุงููู ูุณูููู ููููู ุนูุงู ู ุซููุงูุซู ููุซููุงูุซููููู ููู ูุงุฆูุชูููู ูููุฃููููู.โ ุงูู (ุงุจู ุนุงุจุฏููุ ุญุงุดูุฉ ุฑุฏ ุงูู ุญุชุงุฑุ ูค/ูขูฆูข).
โKeterangan tentang pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab, kaum Khawarij pada masa kita. Sebagaimana terjadi pada masa kita, pada pengikut Ibn Abdil Wahhab yang keluar dari Najd dan berupaya keras menguasai dua tanah suci. Mereka mengikuti madzhab Hanabilah. Akan tetapi mereka meyakini bahwa mereka saja kaum Muslimin, sedangkan orang yang berbeda dengan keyakinan mereka adalah orang-orang musyrik. Dan oleh sebab itu mereka menghalalkan membunuh Ahlussunnah dan para ulamanya sampai akhirnya Allah memecah kekuatan mereka, merusak negeri mereka dan dikuasai oleh tentara kaum Muslimin pada tahun 1233 H.โ (Ibn Abidin, Hasyiyah Radd al-Muhtar โala al-Durr al-Mukhtar, juz 4, hal. 262).
2. โULAMA KALANGAN MADZHAB MALIKI
Dari kalangan ulama madzhab al-Maliki, al-Imam Ahmad bin Muhammad al-Shawi al-Maliki ุฑุญู ู ุงููู, ulama terkemuka abad 12 Hijriah dan semasa dengan pendiri Wahhabi, berkata dalam Hasyiyah โala Tafsir al-Jalalain:
ููุฐููู ุงููุขูููุฉู ููุฒูููุชู ููู ุงููุฎูููุงุฑูุฌู ุงูููุฐููููู ููุญูุฑูููููููู ุชูุฃููููููู ุงููููุชูุงุจู ููุงูุณูููููุฉู ููููุณูุชูุญูููููููู ุจูุฐููููู ุฏูู ูุงุกู ุงููู ูุณูููู ููููู ููุฃูู ูููุงููููู ู ููู ูุง ูููู ู ูุดูุงููุฏู ุงููุขููู ูููู ููุธูุงุฆูุฑูููู ู ููููู ู ููุฑูููุฉู ุจูุฃูุฑูุถู ุงููุญูุฌูุงุฒู ููููุงูู ููููู ู ุงูููููููุงุจููููุฉู ููุญูุณูุจููููู ุฃููููููู ู ุนูููู ุดูููุกู ุฃููุงู ุฅููููููู ู ููู ู ุงููููุงุฐูุจููููู. (ุญุงุดูุฉ ุงูุตุงูู ุนูู ุชูุณูุฑ ุงูุฌูุงูููุ ูฃ/ูฃู ูง).
โAyat ini turun mengenai orang-orang Khawarij, yaitu mereka yang mendistorsi penafsiran al-Qurโan dan Sunnah, dan oleh sebab itu mereka menghalalkan darah dan harta benda kaum Muslimin sebagaimana yang terjadi dewasa ini pada golongan mereka, yaitu kelompok di negeri Hijaz yang disebut dengan aliran Wahhabiyah, mereka menyangka bahwa mereka akan memperoleh sesuatu (manfaat), padahal merekalah orang-orang pendusta.โ (Hasyiyah al-Shawi โala Tafsir al-Jalalain, juz 3, hal. 307).
3. โULAMA KALANGAN MADZHAB SYAFIโI
Dari kalangan ulama madzhab Syafiโi, al-Imam al-Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan al-Makki ุฑุญู ู ุงููู, guru pengarang Iโanah al-Thalibin, kitab yang sangat otoritatif (muโtabar) di kalangan ulama di Indonesia, berkata tentang Wahhabi :
ููููุงูู ุงูุณูููููุฏู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู ูู ุงููุฃูููุฏููู ู ูููุชููู ุฒูุจูููุฏู ูููููููู: ูุงู ููุญูุชูุงุฌู ุงูุชููุฃููููููู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ุงุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจูุ ุจููู ููููููู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนููููููู ูููููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุณูููู ูุงููู ู ุงูุชููุญูููููููุ ููุฅูููููู ููู ู ููููุนููููู ุฃูุญูุฏู ู ููู ุงููู ูุจูุชูุฏูุนูุฉู ุงูู (ุงูุณูุฏ ุฃุญู ุฏ ุจู ุฒููู ุฏุญูุงูุ ูุชูุฉ ุงูููุงุจูุฉ ุต/ูฅูค).
โSayyid Abdurrahman al-Ahdal, mufti Zabid berkata: โTidak perlu menulis bantahan terhadap Ibn Abdil Wahhab. Karena sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam cukup sebagai bantahan terhadapnya, yaitu โTanda-tanda mereka (Khawarij) adalah mencukur rambut (maksudnya orang yang masuk dalam ajaran Wahhabi, harus mencukur rambutnya)โ. Karena hal itu belum pernah dilakukan oleh seorang pun dari kalangan ahli bidโah.โ (Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, Fitnah al-Wahhabiyah, hal. 54).
4. โULAMA KALANGAN MADZHAB HAMBALI
Dari kalangan ulama madzhab Hanbali, al-Imam Muhammad bin Abdullah bin Humaid al-Najdi ุฑุญู ู ุงููู, berkata dalam kitabnya al-Suhub al-Wabilah โala Dharaih al-Hanabilah ketika menulis biografi Syaikh Abdul Wahhab, ayah pendiri Wahhabi:
ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ุจููู ุณูููููู ูุงูู ุงูุชููู ูููู ูููู ุงููููุฌูุฏูููู ูููููู ููุงููุฏู ุตูุงุญูุจู ุงูุฏููุนูููุฉู ุงูููุชููู ุงููุชูุดูุฑู ุดูุฑูุฑูููุง ููู ุงููุฃูููุงูู ูููููู ุจูููููููู ูุง ุชูุจูุงูููู ู ูุนู ุฃูููู ู ูุญูู ููุฏูุง ููู ู ููุชูุธูุงููุฑู ุจูุงูุฏููุนูููุฉู ุฅููุงูู ุจูุนูุฏู ู ูููุชู ููุงููุฏููู ููุฃูุฎูุจูุฑููููู ุจูุนูุถู ู ููู ููููููุชููู ุนููู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ุนูู ูููู ุนูุงุตูุฑู ุงูุดููููุฎู ุนูุจูุฏูุงูููููููุงุจู ููุฐูุง ุฃูููููู ููุงูู ุบูุงุถูุจูุง ุนูููู ููููุฏููู ู ูุญูู ููุฏู ูููููููููู ููู ู ููุฑูุถู ุฃููู ููุดูุชูุบููู ุจูุงููููููููููุฃูุณููุงููููู ููุฃููููู ุฌูููุชููู ููููุชูููุฑููุณู ููููู ุฃูููููู ููุญูุฏูุซู ู ููููู ุฃูู ูุฑู .ููููุงูู ูููููููู ููููููุงุณู: ููุง ู ูุง ุชูุฑููููู ู ููู ู ูุญูู ููุฏู ู ููู ุงูุดููุฑูู ููููุฏููุฑู ุงูููู ุฃููู ุตูุงุฑู ู ูุงุตูุงุฑู ููููุฐููููู ุงุจููููู ุณูููููู ูุงูู ุฃูุฎููู ู ูุญูู ููุฏู ููุงูู ู ูููุงููููุง ูููู ูููู ุฏูุนูููุชููู ููุฑูุฏูู ุนููููููู ุฑูุฏููุง ุฌููููุฏุงู ุจูุงููุขููุงูุชู ููุงููุขูุซุงูุฑู ููุณูู ููู ุงูุดููููุฎู ุณูููููู ูุงูู ุฑูุฏูููู ุนููููููู ( ููุตููู ุงููุฎูุทูุงุจู ููู ุงูุฑููุฏูู ุนูููู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููููุงุจู ) ููุณููููู ููู ุงูููู ู ููู ุดูุฑูููู ููู ูููุฑููู ู ูุนู ุชููููู ุงูุตููููููุฉู ุงููููุงุฆูููุฉู ุงูููุชูููุฃูุฑูุนูุจูุชู ุงููุฃูุจูุงุนูุฏู ููุฅูููููู ููุงูู ุฅูุฐูุง ุจูุงูููููู ุฃูุญูุฏู ููุฑูุฏูู ุนููููููู ููููู ู ููููุฏูุฑู ุนูููู ููุชููููู ู ูุฌูุงููุฑูุฉ ูููุฑูุณููู ุฅููููููู ู ููู ููุบูุชูุงูููู ูููู ููุฑูุงุดููู ุฃููู ููู ุงูุณูููููู ูููููุงู ูููููููููู ุจูุชูููููููุฑู ู ููู ุฎูุงูููููู ููุงุณูุชูุญููุงููู ููุชููููู. ุงูู (ุงุจู ุญู ูุฏ ุงููุฌุฏูุ ุงูุณุญุจ ุงููุงุจูุฉ ุนูู ุถุฑุงุฆุญ ุงูุญูุงุจูุฉุ ูขูงูฅ).
โAbdul Wahhab bin Sulaiman al-Tamimi al-Najdi, adalah ayah pembawa dakwah Wahhabiyah, yang percikan apinya telah tersebar di berbagai penjuru. Akan tetapi antara keduanya terdapat perbedaan. Padahal Muhammad (pendiri Wahhabi) tidak terang-terangan berdakwah kecuali setelah meninggalnya sang ayah. Sebagian ulama yang aku jumpai menginformasikan kepadaku, dari orang yang semasa dengan Syaikh Abdul Wahhab ini, bahwa beliau sangat murka kepada anaknya, karena ia tidak suka belajar ilmu fiqih seperti para pendahulu dan orang-orang di daerahnya. Sang ayah selalu berfirasat tidak baik tentang anaknya pada masa yang akan datang. Beliau selalu berkata kepada masyarakat, โHati-hati, kalian akan menemukan keburukan dari Muhammad.โ Sampai akhirnya takdir Allah benar-benar terjadi. Demikian pula putra beliau, Syaikh Sulaiman (kakak Muhammad bin Abdul Wahhab), juga menentang terhadap dakwahnya dan membantahnya dengan bantahan yang baik berdasarkan ayat-ayat al-Qurโan dan hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Syaikh Sulaiman menamakan bantahannya dengan judul Fashl al-Khithab fi al-Radd โala Muhammad bin Abdul Wahhab. Allah telah menyelamatkan Syaikh Sulaiman dari keburukan dan tipu daya adiknya meskipun ia sering melakukan serangan besar yang mengerikan terhadap orang-orang yang jauh darinya. Karena setiap ada orang yang menentangnya, dan membantahnya, lalu ia tidak mampu membunuhnya secara terang-terangan, maka ia akan mengirim orang yang akan menculik dari tempat tidurnya atau di pasar pada malam hari karena pendapatnya yang mengkafirkan dan menghalalkan membunuh orang yang menyelisihinya.โ (Ibn Humaid al-Najdi, al-Suhub al-Wabilah โala Dharaih al-Hanabilah, hal. 275).
KESIMPULAN:
Perbuatan Tanpa Ilmu
Belakangan, dari Kaum Wahhabi kontemporer tidak sedikit terlontar pernyataan tokoh-tokoh mereka yang menistakan generasi salaf secara parsial (juzโi). Contoh :
Nashiruddin al-Albani dalam fatwanya mengkafirkan al-Imam al-Bukhari karena melakukan taโwil terhadap ayat mutasyabihat dalam al-Qurโan. Dalam kitab al-Tawassul Ahkamuhu wa Anwaโuhu, al-Albani juga mencela Sayyidah โAisyah, dan menganggapnya tidak mengetahui kesyirikan.
Ahmad bin Saโad bin Hamdan al-Ghamidi, menganggap al-Imam al-Hafizh al-Lalikaโi, pengarang kitab Syarh Ushul Iโtiqad Ahl al-Sunnah wa al-Jamaโah, tidak bersih dari kesyirikan. Demikian sekelumit contoh penistaan tokoh-tokoh Wahhabi terhadap generasi salaf dan para ulama terkemuka secara parsial.
Demikian pernyataan ulama terkemuka dari empat madzhab, Hanafi, Maliki, Syafiโi dan Hanbali, yang menegaskan bahwa golongan Wahhabi termasuk Khawarij bukan Ahlussunnah Wal-Jamaโah. Tentu saja masih terdapat ratusan ulama lain dari madzhab Ahlussunnah Wal-Jamaโah yang menyatakan bahwa Wahhabi itu Khawarij dan tidak mungkin kami kutip semuanya.
Pesan buat sahabatโฆ berhati2lah wahai saudara ku,dengan kelicikan kaum penyesat ummat itu, jangan mudah tertipu dengan kata2 manis mereka, tapi lihatlah dulu maksud dari nya ,karena kebusukan2 mereka semua di balut dengan kata2/istilah yang menggugah hati.
Naudzubillahโฆ
*Silahkan disebar Artikel ini dengan tidak menambah dan mengurangi isi tulisan. Semoga bermanfaat untuk kita semua Jazakallahu khairan barokallah fikum*
*ูุงููู ุงุนูู *
*_Demikian chat pada hari ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, serta bisa sebagai acuan untuk senantiasa memperbaiki amal kita diatas sunnah Nabi Shollallaahu 'Alaihi Wa Sallaam dan Tidak berbicara agama dengan menggunakan Akal dan Hawa Nafsu melainkan dg Dalil Yang Shohih._*
*ุณุจุญุง ูู ุงูููู ูุจุญู ุฏู ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุช ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู*
*ูุนูููู ุงูุณูุงู ูุฑุญู ู ุงููู ูุจุฑูุงุชู*
Komentar
Posting Komentar